tramadol hidroklorür içeren ilaçlar tramadol 50mg tramadol hjärtattack

valium taper alcohol withdrawal diazepam 5mg valium for abdominal pain

trazodone with tramadol order tramadol online cod can you get high off tramadol hcl 50 mg

buy carisoprodol Gainesville buy soma onlline meteoroloji genel müdürlüğü manisa soma hava durumu

can i take flagyl and xanax together generic xanax xanax for diarrhea

is qsymia phentermine order phentermine is it normal to be hungry while taking phentermine

tramadol come up in drug test order tramadol online cod otc tramadol alternative

tramadol hydrochloride brand name tramadol 100mg composicion del tramadol

provigil mitral valve prolapse buy provigil online provigil modafinil tablets

ambien new dosage ambien without prescription ambien test positive benzo

Kehidupan Mahasiswa Muslim di Sydney (Australia)

February 18, 2013 11 comments Posted in Uncategorized

Dalam tulisan ini saya akan membahas serba-serbi kehidupan islam di Sydney. Seperti pada post tentang pertanyaan umum tentang kuliah di Australia , tulisan ini akan saya buat dalam bentuk  dalam beberapa bagian.

  1. Shalat
  2. Shalat Jum’at
  3. Makanan Halal
  4. Kajian dan Komunitas Muslim

Shalat

Salah satu hal yang paling perlu diperhatikan ketika kita menjalani kuliah di negeri non-muslim adalah tentang Shalat. Berbeda dengan di Indonesia, untuk menjalankan Shalat 5 waktu dengan tertib di Australia kita perlu mempersiapkan dengan matang tentang kapan dan dimana kita akan Shalat.

Tantangan pertama adalah tentang waktu Shalat. Di Indonesia kita terbiasa dengan jadwal Shalat yang tidak banyak berubah , misal subuh sekitar jam 4, dhuzur jam 12 kemudian ashar jam 3 dan seterusnya.

Australia merupakan negeri 4 musim. Jika kita masih ingat pelajaran geografi waktu smp, maka kita akan tahu bahwa matahari bergerak diantara 23.5″ lintang utara dan 23.5″ lintang selatan. Hal ini sangat berpengaruh pada waktu Shalat kita. Jika sedang musim dingin (matahari ada di utara) maka matahari akan terbit lebih lambat dan subuh akan bergeser lebih siang, sebaliknya jika musim panas (matahari ada di selatan) maka matahari akan terbit lebih cepat dan subuh menjadi lebih cepat.

Yang bergeser sebenarnya bukan hanya Shalat subuh, semua Shalat juga akan bergeser waktunya.Solusi untuk mengetahui jam Shalat dengan tepat yang paling mudah menurut pengelaman penulis adalah dengan menggunakan aplikasi jam shalat di handphone / smarphone  🙂

Seletah mengetahui waktu shalat, hal terpenting selanjutnya adalah menentukan dimana kita akan Shalat. Di Indonesia kita mungkin tidak terbiasa merencakan tempat Shalat, karena hampir di semua tempat ada mushalla. Di Australia kemudahan semcam ini tidak kita jumpai 🙂

Sebagai gambaran , di kampus saya di Sydney ~ University of New South Wales (UNSW) hanya terdapat ada satu  Mushalla “resmi” dari Universitas yang terletak di bagian lower campus. Sedangkan UNSW sendiri terdari dari kampus bawah (lower campus) dan kampus atas (upper campus)Sebagai informasi, berjalan dari lower campus ke upper campus memakan waktu sekitar 20 menit.

Bayangkan skenario seperti ini, jam Dzuhur jam 12,00, kemudian ashar jam 14.30, kemudian anda memiliki kewajiban untuk masuk kelas dari jam 12,00-15.00 di upper campus. Dalam situasi ini rasanya berat sekali jika kita harus bolak balik ke lower campus untuk menunaikan Shalat. Jika di Indonesia kita terbiasa Shalat di Mushalla, maka di Australia anda harus siap untuk “Shalat dimana saja”.

Biasanya di bagian kampus tertentu ada spot-spot Shalat “tidak resmi”. Saya sebut spot Shalat karena memang tempat itu bukan Mushalla melainkan tempat dadakan yang diubah jadi tempat Shalat oleh komunitas Muslim. Di upper campus UNSW sendiri ada spot Shalat di gedung Biomedical di bawah tangga Utama. Karena sifatnya “tidak resmi” maka anda tidak akan menemukan tempat shalat ini di buku paduan universitas anda, maka dari itu sebelum masa kuliah berlangsung pandai-pandai lah bergaul dengan mahasiswa Muslim yang lain untuk mencari tempat Shalat 🙂

Kadang-kadang kita juga harus menyelesaikan kuliah di gedung yang jauh dari spot Shalat, dalam kondisi seperti ini kita harus pandai mencari tempat yang pantas dan menunaikan Shalat disana 🙂 Saya sendiri mengambil jurusan Computer Science dan sering berada di lab komputer, sehingga sering menunaikan Shalat di Lab.

Solusi lain yang cukup praktis adalah membeli Sepeda, sehingga anda dapat bergerak antara kelas dan Mushalla dengan cepat.

Setelah membahas tentang Shalat di kampus, saya akan memberikan sedikit gambaran kepada pembaca tentang skenario lain yang sering terjadi.

Misalkan anda ada perlu pergi ke supermarket /  makan / turun ke kota bersama teman dan anda diajak pergi antara jam 3-7 malam, padahal jam Ashar adalah jam 4 dan maghrib jam 4. Di Indonesia hal ini tidak menjadi masalah, karena anda bisanya semua supermarket menyediakan mushalla , tapi tidak di Australia. Sehingga paling bijak mungkin anda harus mengatur jam pergi anda setelah ashar / maghrib.

Opsi lain adalah memilih tempat yang memiliki mushalla, karena beberapa tempat makan muslim di Australia memiliki mushalla. Atau jika terpaksa maka anda harus menjamak Shalat , hal ini tergantung bagaimana anda memahami fiqh menjamak Shalat dalam keadaan sibuk.

Seringkali juga kita Shalat di mushalla dan sedang hujan deras, di Indonesia anda mungkin tidak akan terfikir untuk menjamak Shalat, tapi di Australia akan lain ceritanya 🙂

Intinya adalah biasakan diri dengan Shalat dimanapun, di lapangan bola, di taman, di depan kelas, di lab dan tempat-tempat lain.

Tempat Shalat yang sering penulis kunjungi :

  1. Lower Campus, Mushalla UNSW
  2. Upper Campus , gedung Biomedical
  3. Mushalla restoran “Times for thai” di Kingsford ~ biasanya makan sekalian Shalat
  4. Mushalla UTS ~ lokasi strategis di tengah kota

Shalat 5 waktu memang butuh usaha , tapi Insha Allah bisa dilaksanakan

Shalat Jum’ah

Shalat Jum’ah di Australia biasnya diadakan di kampus-kampus. Di UNSW sendiri dilaksakan jam 12.00 di Gymnasiumlower campus. Selain di kampus, Australia sendiri memiliki cukup banyak komunitas muslim sehingga di daerah tertentu terdapat masjid, misalnya di Tempe / Lakemba.

Satu hal yang menjadi catatan, di kampus tertentu (misalnya UTS) Shalat jum’at hanya boleh diikuti oleh mahasiswa UTS dan untuk bisa masuk ke Aula tempat shalat dilaksanakan anda harus menunjukkan kartu mahasiswa UTS.

Biasanya selain melaksanakan Shalat Jum’ah di UNSW, saya juga beberapa kali melaksanakan Shalat Jum’ah di City, gedungnya saya lupa tempatnya tetapi dekat sekali dengan UTS.

To Be Continue 🙂

11 comments

  1. dian 3 years ago

    Assalammualaikum.
    Saya mau tanya dimana letak persisnya mushollah di lower campus. Saya sudah ke fitness n aquatic centre unsw. Tp tidak bisa menemukan mushollah nya. Trima kasih.

    • todiadiyatmo 3 years ago

      Wa’alaikumsallam, dari aquatic center jalan ke arah gerbang keluar (main gate) nanti ada gedung bentuk kotak (namanya squarehose) di lantai paling atas ada mushollanya.

      Squarehouse ini tempat orang-orang desain, masuk lewat pintu yang kiri (pintu kanan dikunci)

      • Zai Lani 2 years ago

        As. Mksh ats. Infonya. Mas! Sy pny plan kuliah di australia. Bs dishare. Mhn mskkn juga. Persiapn skrng msh toefl.

  2. riani 3 years ago

    Aslm wr wb. Wah senang sekali sy menemukan web ini. Insya Allah awal thn depan sy direncanakan berangkat ke Sydney utk lanjut kuliah di Unsw. Sy pingin tanya apakah ada komunitas mahasiswa muslim di sydney? Atau khususnya di Unsw?

    Bila ada teman2 muslim, sy sejujurnya lebih memilih flatmates yg muslim.

    Terimakasih sblmnya 🙂

  3. risda ulfia anisa 2 years ago

    terima kasih infonya…
    boleh dong berbagi cerita lain, ….awalnya saya takut mau kuliah di sidney, takut deskriminasi muslim,…..

  4. imam 2 years ago

    saya bisa minta nomer hp atau pin bb, urgent mohon dengan sangat

  5. Mahaning 2 years ago

    Assalamualaikum
    Makasih sudah berbagi pengalaman. Artikel yang sangat berguna 🙂
    Insyaallah saya akan kuliah di UNSW bulan Juli ini. Ada banyak hal yang ingin saya tanyakan sebenarnya. Kalau ga keberatan boleh ga saya minta kontak hp/watsapp/line untuk tanya-tanya?
    Salam sejahtera 🙂

  6. Mahaning 2 years ago

    Assalamualaikum
    Makasih sudah berbagi pengalaman kehidupan muslim di Oz. Artikel yang sangat berguna 🙂
    Insyaallah
    saya akan kuliah di UNSW bulan Juli ini.
    Mau tanya, bagaimana cara menyikapi kuliah yang jadwalnya sama dengan waktu solat? misalnya ada kuliah dari jam 6-8, padahal maghrib sekitar pukul jam 6, dan isya sekitar jam 7. Apakah boleh izin?. Maaf pertanyaannya sangat teknis, tapi menurut saya hal tsb sangat penting hehe
    Salam sejahtera 🙂

    • Todi Adiyatmo 2 years ago

      Untuk jam kuliah di waktu shalat santai saja, kita bisa izin keluar karena kuliahnya bebas. Yang jadi masalah letak mushalla yang jauh. Mungkin cari tempat shalat yang agak susah 🙂

  7. retna m mayang sunda 1 year ago

    assalamualaikum, halo mau tanya, kalau misal mau mewawancarai ketua komunitas mulim di australia bisa lewat siapa ya? mohon informasinya terimakasih

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *
*